Page Nav

HIDE

Grid

GRID_STYLE

Pages

Classic Header

{fbt_classic_header}

Postingan Populer

https://www.uhamka.ac.id/reg

Lukman Edy Gandeng Cawagub dari Suku Terasing di Riau

Lukman Edy Gandeng Cawagub dari Suku Terasing di Riau Kamis 11 Januari 2018, 13:23 WIB Lukman Edy Gandeng Cawagub dari Suku Terasing di...

Lukman Edy Gandeng Cawagub dari Suku Terasing di Riau

Kamis 11 Januari 2018, 13:23 WIB Lukman Edy Gandeng Cawagub dari Suku Terasing di Riau Chaidir Anwar Tanjung - detikNews Lukman Edy Gandeng Cawagub dari Suku Terasing di RiauLukman Edy (Ari Saputra/detikcom) Pekanbaru - Lukman Edy memastikan dirinya menjadi cagub Riau 2018. Uniknya, sang cawagub, Hardianto, berasal dari keturunan suku terasing, Akit.
Paslon Lukman Edy (LE) dan Hardianto didukung PKB dan Gerindra. Lukman merupakan putra asal Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil) yang juga pernah menjadi Menteri Percepatan Pembangunan Daerah Tertinggal (PPDT) zaman SBY.
Sepanjang sejarah pemilihan Gubernur Riau, baru kali in i ada calon dari suku terasing yang ada di pinggiran pantai timur Riau, yaitu suku Akit, ikut dalam Pilgub Riau. Pendampingnya adalah Hardianto, anggota DPRD Riau dari Gerindra.
"Iya benar, pendamping saya dari suku Akit yang dulunya dianggap salah satu suku terasing. Pasangan saya, Hardianto, bagian dari komunitas itu," kata Lukman kepada detikcom, Kamis (11/1/2018).
Bagi Lukman, pendampingnya dari salah satu suku tertua di Riau bukan penghalang untuk ikut bertarung di Pilgub Riau. Hardianto merupakan anggota DPRD Riau asal kampung halamannya di Bengkalis.
"Ya malah bagus kan, ada putra dari salah satu suku tertua di Riau untuk ikut dalam pesta demokrasi." kata Lukman.
Menurut Lukman, hal itu merupakan wujud kebersamaan untuk membangun sebagian besar daerah di Riau yang belum tersentuh pembangunan.
"Malah kita punya tekad bersama, ke depan memperhatikan nasib suku-suku tua di Riau yang belum banyak tersentuh pembangunan. Di Riau ini banyak suku tua, di antaranya ada Talang Mamak, Sakai, suku Laut, suku Akit," kata Lukman.
Sekadar diketahui, suku Akit banyak bermukim di sepanjang pantai timur Sumatera di Kabupaten Bengkalis dan Kab Kepulauan Meranti di Riau. Suku Akit sudah lama mendiami pulau-pulau di kawasan Selat Malaka ini sebelum suku lainnya mendiami kedua kabupaten tersebut.
(cha/asp)Sumber: Google News | Koranmu Kepulauan Riau